• Muhammad Balkini Nasution

    Judul nya Tahap 9 tapi Dalam SK Dikatakan Tahap 7… Mohon Dikoreksi secepatnya pak

    • muhammad nur

      Sudah kami perbaiki pak, silahkan di downlaod ulang

      Terima kasih

  • Achmad Fatih

    tahap 9 untuk Sulawesi Selatan MASIH di proses yah,pak?

    • muhammad nur

      sudah pak, silahkan dicek kembali

  • Muhammad Balkini Nasution

    Menunggu Proses Upload data Penerima … Sungguh Pekerjaan Orang-Orang yang kurang kerjaan seperti saya… wkwkwkwkwkwk… kayak nggak ada kerjaan lain.

  • Muhammad Balkini Nasution

    Ayo… Terus Semangat Nungguin Operator TIM BSM mengupload

  • Muhammad Balkini Nasution

    5 provinsi lagi baru ke SUMATERA UTARA… Cayooo Pak Aziss

  • Muhammad Balkini Nasution

    akhirnya sumatera utara duluan…

  • muhammad nur

    mantap pak (y)

  • http://smkmuhamka.sch.id Smk Muhamka

    ini kok langsung tahap ke 9 ya ?
    apa memang seperti kemarin tahap 5 untuk sekolah non formal ?

  • Fhyan Flamboyant

    Maaf pak, boleh tnya tuk tahap 7 dan 8 kmn pak ?? Knp lngsung tahap ?? Mhon pnjlsanx, trima ksih

    • Azis Putra Wijaya

      ini pak

      • Fhyan Flamboyant

        Terima kasih penjelsannya pak, biar kami juga dapat jelaskan ke Pimpinan kami.

      • muhsis

        Mhn Maf pak untuk Beasiswa Khusus Atau Pertanian Masih ada y pak Terimakasih

        • Azis Putra Wijaya

          BKK dapat dilihat di ditpsmk.net, pertanian/pelayaran masuk PIP pak

          • http://www.smkn2sampang.sch.id muhsis

            mhn maf pak Utk kelas X tahun 2015/2016 siswa kami masih blm dapat pak mhn infonya pak. Trimkasih

      • Bahrul Alam

        ass. pak azis izin bertanya,,, di web ditpsmk ada cut off pelaporan pip? mksd.y bagaimana ?

  • Muhammad Balkini Nasution

    Fhyan Flamboyant, Rahasia Negara . Tidak untuk dipublikasikan… hehehehe

    • Fhyan Flamboyant

      Sudah di jelaskan Pak sama Adminx, tidak ada yang bersifat rahasia. hehehe

  • Ali Hanapiah

    bagaimana kelanjutan dari data siswa yang dobel yang sudah dilaporkan? kira- kira kapan bisa di cairkan dananya. kami dari SMK PGRI TAnjung Raja Kab. Ogan Ilir. Sumsel, kami sudah melaporkan sebanyak 20 orang siswa yang dobel. dan sudah kami laporkan pada perbaikan data double/ bermasalah tahap 2.

    • Azis Putra Wijaya

      Menunggu seluruh penyaluran selesai terlebih dahulu pak

  • RIO FERNANDES

    Pak Bagaimana dengan siswa yang datanya bermasalah dan telah diperbaiki tahap 2 pak. kami dari SMK Pembina Bangsa Bukittinggi dan sudah melaporkan perbaikan data tahap 2

  • RIO FERNANDES

    pak azis, apakah dana PIP ini boleh digunakan untuk membayar Uang Sekolah siswa?

    • Azis Putra Wijaya

      aturan penggunaan dana silakan mengikuti Juknis pak

  • Heri Hidayat

    Pak kalau yang sudah dapat di tahap sebelumnya itu dapat lagi bagaimana pak…?

    • Azis Putra Wijaya

      cek menu pelaporan data ganda/bermasalah

  • suhaifi

    Maaf pak Aziz,, Kami dari SMK NU Pasuruan, Apakah masih bisa siswa saya diajukan PIP, krna sekolah saya, sekolah baru berdiri tahun ini (izin dan NPSN sudah Keluar)….???

    • Azis Putra Wijaya

      berarti sdh bisa akses dapodikmen kan pak?

      • suhaifi

        Sudah pak, malahan siswa kami sudah masuk/muncul dihalaman pengajuan FUS,,apa bisa lgsg klik ,menu USULKAN…????

        • SMK Al-Had Nusantara Kota Sera

          Bisa Pak.. Dicoba saja.. :)

  • MUHAMMAD ANSAR

    maw nanya pak azis untuk beasiswa tahap 9 ini mengapa besarannya hanya 500rb, padahal yang tahap 4 kemarin dapat 1jt? padahal sama-sama ada yang dari kelas xi.. makasih

    • Azis Putra Wijaya

      sisa dana semakin terbatas pak

  • Sanggi Rizki Paisal

    Pak Azis di tahap 9 ada siswa yang sudah lulus, siswa tahun pelajaran 2014/2015 lulus juli 2015.. solusinya bagaimana Pak?

    • Azis Putra Wijaya

      dilaporkan vac nya di pelaporan data bermasalah. lihat menu pak

  • Fhyan Flamboyant

    Mhon pnjelsanx pak, di web ditpsmk trtera btas wktu plaporan online bantuan PIP/BSM trsisa 6 hri. Prtnyaanx, dmn hrus kmi krjkn plporan onlinex. Mhon ptunjukx, trima ksih.

    • SMK Al-Had Nusantara Kota Sera

      Itu untuk BOS Pak.. :)

  • Winfrits Lolowang

    Kami smk ypk betlehem arso kab keerom prop papua bertanya kenapa sekolah kami tidak menerima dana bsm pip pak tahun 2o15 ini

  • Nasir Hi. Abdullah

    Asslamualaikum.. Wr… Wb
    Ada CUT OFF Pelapoan PIP…. maksudnya gmna nih…? Pelaporannya gmna…??

    • Azis Putra Wijaya

      mohon maaf pak, sudah diperbaiki, maksud kami adalah pelaporan BOS bukan PIP

  • Rokok Lapude

    asslamualaikum … Wr .. Wb
    bagaimana sampai Sekarang BSM/PIP siswa saya hingga saat belum cair juknis yang kita donwload itu tidak bisa di guna kan untuk mengajukan PENCAIRAN DANA BSM/PIP 2015 secara KOLEKTIF ke Bank yang bersangkutan mohon petunjuknya pak…

    • SMK Al-Had Nusantara Kota Sera

      http://pipsmk.ditpsmk.net/index.php/mekanisme-pengambilan-dana/

      pengambilan dana BSM/PIP 2015 dapat diambil secara kolektif dengan dikuasakan kepala sekolah/kepala lembaga pendidikan atau bendahara sekolah/bendahara lembaga pendidikan dengan syarat/ketentuan pengambilan kolektif sebagai berikut:
      Surat kuasa kolektif dari orang tua siswa penerima BSM/PIP 2015 dengan melampirkan dokumen persyaratan pengambilan sesuai ketentuan;
      Sekolah/lembaga pendidikan menyampaikan surat permohonan pencairan kolektif ke dinas pendidikan kabupaten/kota;
      Dinas pendidikan kabupaten/Kota menerbitkan surat persetujuan pengambilan dana kolektif hanya diberikan kepada sekolah/lembaga pendidikan, tembusan disampaikan kepada direktorat teknis terkait;
      Kepala sekolah yang telah menrima rekomendasi harus membuat surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) pengambilan dana BSM/PIP 2015 secara kolektif yang ditandatangani penerima kuasa bermaterai (format terlampir);
      Penerima kuasa menunjukan identitas seperti KTP atau SIM asli pada saat pengambilan dana secara Kolektif di lembaga penyalur;
      Surat keterangan kepala sekolah/ ketua lembaga;
      Foto kopi halaman biodata raport masing-masing siswa;

  • Andry’s Laksmana

    Mohon penjelasanya Pak Azis, di tahap 9 tercantum nama siswa yang sudah lulus pada Tahun Pelajaran 2014/2015 bulan Juli 2015. Itu solusinya bagaimana pak?

  • Muhammadiyah Glenmore

    Kira kira tanggal berapa tahap 9 bisa d cairkan pak…..? terimaksih

  • SMKN.1 Tilatang Kamang

    asslamualaikum … Wr .. Wb
    kami dari SMK Negeri 1 Tilatang Kamang Kab. Agam Prov. Sumatera Barat
    menanyakan…
    tentang Beasiswa PIP tahap 9
    dari SMK se Kab. Agam, hanya sekolah kami yang tidak mendapatkan
    padahal kami sudah memasukkan seluruh nama siswa kami
    dari kelas X s.d XII.
    mohon penjelasannya pak…?
    dan juga kami tidak mendapatkan Beasiswa PIP dari tahap 6 sampai sekarang
    terima kasih…

  • Susprianti Zanafissyah

    asalammualaikum….
    maaf pak.. kira2 kapan dicaikan yg tahap 9 ini pak??
    apakah pertengahan bulan ini atau bulan baru?

  • Ali Hanapiah

    ass. maaf pak pada SK BSM/PIP tahap 9 sekolah kami SMK PGRI TAnjung Raja ( sumatera Selatan) NPSN 10603021, siswa kami yang menerima bantuan sebanyak 6 orang. tetapi yang jadi permasalahan semuanya sudah lulus, apakah bantuan untuk siswa tersebut dapat dialihkan kepada siswa lain atau tidak usah diambil? masalahnya siswa2 tersebut tidak bisa dihubungi. bahkan sudah ada yang menikah.

  • boboy

    UNTUK SISWA USULAN PENGGANTI PERBAIKAN DITAHAP SEBELUMNYA YANG DIKIRIM LEWAT EMAIL BAGAIMANA MAS AZIZ??? anak-anak pada menanyakan, TRIMs

    • Azis Putra Wijaya

      ini masih tahap penghimpunan hingga semua sk keluar terlebih dahulu pak. mhn bersabar

      • boboy

        OK TRIMs ..

  • Susprianti Zanafissyah

    maaf pak aziz… jika siswa yg terdapat dalam sk sudah pindah sekolah, bagaimana pak?
    apakah bisa di alihkan ke siswa yg lain?

  • Robin Mitra Pahingga

    pak kami dari SMK Ibrahimy Panji Situbondo…mau tanya untuk pencairan dana PIP tahap 9 kapan ya pak??

    terus apa saja yang dibutuhkan untuk pencairan dana PIP…makasih

  • Heri Hidayat

    Pak mau tanya, apakah data di FUS untuk yang sudah mendapatkan bantuan Action nya dibatalkan atau dibiarkan saja? Takut nya ada data yang udah dapat malah dapat lagi dan yang belum dapat malah tidak dapat. Itu bagaimana solusinya pak..?

    • Azis Putra Wijaya

      sementara ini dibiarkan saja dulu pak. nanti kami yang memberi tanda

  • Ermidiati Ali

    Aslm.. maaf pak pada SK BSM/PIP tahap 9 sekolah kami SMK N4 Banda Aceh NPSN 10106295, siswa kami yang menerima bantuan sebanyak 1 orang. tetapi yang jadi permasalahan siswa tsb sdh tidak sekolah lagi. apakah masih ada tahap berikutnya utk penetapan penerima PIP bagi siswa yg belum menerima bantuan?
    Mohon penjelasannya..

  • Comar Marco

    maaf pak, kami dari SMK PGRI 1 GIRI, yang tercantum di tahap 9 ini, siswanya sudah lulus semua,apakah bisa di alihkan ke siswa yang lain? dan bagaimana cara melaporkan data yang bermasalah?

  • joe BTRC

    Nama Sekolah : SMKN 2 GERUNG
    NPSN : 50220769
    KAB : LOMBOK BARAT

    Pak Aziz mau tanyan .
    untuk PIP Tahap 9 , nama siswa yang keluar banyak yang sudah lulus ..
    apakah tetap dicairkan atas nama siswa tersebut atau bisa dialihkan ,,
    lalu bagaimana dengan yang sudah dapat ditahap sebelumnya tapi namanya keluar lagi ,
    apakah dicairkan atau tidak ?????
    mohon pencerahannya .
    terimakasih

  • Heri Hidayat

    Maaf pak, jika ada salah satu virtual acount sudah dicairkan tapi malah di bank lain yang jauh dari tempat kami itu bagaimana pa..?

  • Uchiha Enggan Rikudou ElBarca

    Maaf Pak untuk Siswa yang sudah LULUS tapi muncul di SK tahap 9 ini dilaporkan di Nomor Virtual bermasaalh tidak?
    mohon infonya
    Terimakasih

    • Azis Putra Wijaya

      silakan dilaporkan

  • Edi syahputra

    Assalamu’alaikum., pak saya dari SMKS Sri Langkat Tanjung Pura. klau nma penerima PIP ny sdah tdak bersekolah lagi dtmpat kami harus gmna. bsa diambilkah tau tidak perlu diambil..?? klau nama penerimanya da termasuk dalam penerima BSM kemaren tu gimana juga pak, pakah diambil tau tidak..?? terimakasih pak

    • Azis Putra Wijaya

      dilaporkan saja nomor virtualnya pak, sehingga nanti dialihkan ke siswa aktif yg blm mendapat bantuan

  • juli eko

    pak gimana siswa saya orang tuanya pada berada di luar jawa siswa tersebut tinggal bersama saudaranya dan syarat untuk mencairkan PIP tahap 9 tahun 2015 harus memakai foto kopi KTP ayah dan Ibu . bagaimana pak solusinya???

    • Azis Putra Wijaya

      dibuatkan saja surat pengantar dr kepsek bahwa siswa ybs tidak tinggal bersama ortu, namun kalau bisa ya dokumennya dilengkapi. kan bisa discan lalu diemail

      • juli eko

        pak aziz skolah kami kok belum mendapatkan info lg dari pihak bank padahal data kami sudah di kumpulin di bang sdah hampir 2 bulan….

  • Hadjie Saeful Bahri

    Assalamu alaikum pa Aziz , PIP tahun ini sampai tahap Berapa
    20252197, SMK kami untuk kelas X muncul di tahap 7, 2 otg, tahap 9, 2 orang , mohon pencerahan

  • Asban Sulaeman

    pak Azis kapan tahap 9 bisa di cairkan?

    • Azis Putra Wijaya

      coba dicek saja di menu cek virtual account pak

      • Asban Sulaeman

        pak Azis,, bagaiman pak dengan sulawesi utara kapan bisa di cairkan untuk tahap 9? sampai hari ini statusnya suda di upload terus,, sementara semua propinsi statusnya suda siap dicairkan,, masalanya dimana Pak?

      • Asban Sulaeman

        Pak Azis, bagaimana apa suda disampaikan ke tim BRI pusat untuk bsm tahap 9 sulawesi utara yang sampai saat ini statusnya suda di upload terus, sementara unntuk 33 propinsi statusnya suda siap dicairkan,,permasalannya dimana Pak,,,,,,

      • eva lestari

        assalamu’alaikum pak aziz, apakah kabar bahwa semua pip tahun 2015 harus diambl terakhir desember 2015, jika tidak maka hangus, apakah benar seperti itu pak? terima kasih

  • SMK Negeri 2 Songgom

    Pak azis, apa PIP tidak ada pelaporan seperti BOS?

  • Maulana Maulana Gozali

    tahap 9 kapan biasa di cairkan

  • Susprianti Zanafissyah

    maaf pak… jika nama orang tua (ibu) terjadi kesalahan bagaimana pak? (berbeda antara kk dan ktp nya)

    • Azis Putra Wijaya

      Menyertakan surat keterangan dari Kepsek Bu bahwa kondisi tsb terjadi krn perbedaan pengetikan atau dsb.

  • Asban Sulaeman

    pak azis,, dki jakarta tahap 9 suda siap dicairkan? sulawesi utara kapan bisa dicairkan? mohon informasinya.. terimaksih…

    • Azis Putra Wijaya

      Isunya sdh kami sampaikan ke BRI pusat pak. Mhn ditunggu sebentar

  • Asban Sulaeman

    pip tahap 9 sulawesi selatan siap dicairkan

  • http://www.r1f4n5.wordpress.com Achmad Rifan Mahfudho

    pak aziz kami dari SMK Al-Qodiriyah Windusari mau menanyakan apakah untuk sekolah yang berada di pondok pesantren bisa di cairkan secara kolektif mengingat alamat peserta didik yang dari luar daerah.

    • Azis Putra Wijaya

      Bisa pak, asalkan memenuhi persyaratan yang tertuang di juknis

  • Johan Wahyudi

    Aslmkm.. Pak apakah BSM tahap 9 udah bisa dicairkan?

  • Suhaji Wahyu S

    Pak Aziss kapan batas pencairan yang tahap 4? karena sampai sekarang dari pihak BRI belum memproses/masih antri.., jika sampai bln januari 2016 apakah masih dapat di cairkan atau tidak(mksdnya kembali ke kas negara)?? terimakasih

    • Azis Putra Wijaya

      Sdh ada penjelasan di pengumuman pak

  • Linda Jamaluddin

    tahap 9 kpan d cairkan

  • Ardiansyah AR Fattah

    maaf mau tanya.. pada saat SK 9 siswa sy ada beberapa yg masuk.. tp ada ke janggalan ada siswa alumni 2015 yang masuk dlm SK tahap 9… apakah bisa diganti dengan siswa yang msih aktif trutama msih membutuhkan bantuan PIP..?? mohon pencerahannya admin..

    • Ardiansyah AR Fattah

      mana admin..?

  • Asban Sulaeman

    assalamuallaikum Pal Azis gimana sulawesi utara kapan VAC tahap 9 statusnya suda siap di cairkan?

  • Adhes CK

    Pak Aziz Mohon petunjuknya : klo ada siswa kami penerima PIP tahap 4 yg ter-SK-kan lg d tahap 9 dgn no VAC yang berbeda harus bagaimana, trims (SMKS YMA MEGAMENDUNG KAB. BOGOR)

    • Azis Putra Wijaya

      Dilaporkan nomor virtual yang tidak dicairkan pak

      • Adhes CK

        Pak Aziz mohon maaf nomor VAC y sudah sy laporkan ada 5 org siswa pak. Untuk selanjutnya apakah nomor yg kami laporkan tersebut secara otomatis akan terhapus pada kuota siswa penerima BSM Tahap 9 SMKS YMA Megamendung Kab. Bogor atau bagaimana pak? terima kasih atas petunjuknya ,,,,

      • Handono E.S

        Seandainya ada Siswa yg mempunyai VA tp putus sekolah, unt melaporkan tidak dicairkan kmn pak Aziz Putra Wijaya?

  • Dadang

    Pak mau tanya, PIP untuk tahap 10 kapan bisa diambil dananya ya pak? Saya cek di BNI bahwa data maksimal mereka baru sampe tahap 7

  • Faatulo Halawa, S.Pd

    Maaf Pak Azis, man nanya. Apakah setiap BSM/Pip yang 9 tahap yang nama-nama siswanya keluar pada tahunj 2015 ini wajib dicairkan pada tahun 2015 ini juga, ataukah masih ada kesempatan dicairkan pada tahun 2016 tahun depan…. soalnya masih banyak tahapan BSM di sekolah kami yang belum dicairkan oleh BRI yang telah ditunjuk sebagai pelaku pencairan BSM dimaksud…. trimakasih pak Azis.

  • Rahmad Hidayat

    Assalamu’alaikum Pak Azis, saya dari SMKN 1 Meulaboh mintak pencerahan pak, pada penetapan bsm/pip tahap 9 ada siswa kami yang dabel dengan tahap sebelumnya pak,, apakah masi bisa dilaporkan pada data dabel untuk digantikan dengan siswa yang lain yang belum dapat. trimakasih sebelumnya pak atas bantuan informasinya.

  • Ammardani

    Pak Aziz,, kenapa siswa kami yang kelas XII cuma menerima Rp. 500.000,
    pada tahap 9..???? bukannya mereka seharusnya menerima Rp.1.000.000,,
    Mohon penjelasanya Pak… Terima Kasih…

  • Susprianti Zanafissyah

    maaf pak… disekolah kami rata-rata siswa cuma dapat 500.000 pak
    baik kls XI maupun kls XII
    apakah ada ketentuan penerimaannya pak?

  • Ahmad Nurkholish

    Pak mohon bantuannya bagaimana cara melihat SK BSM/PIP SMK tahap 7 tahun 2015 ?

  • Suharsono

    Asslamu’alaikum, saya Operator sekolah SMK IT Marinah Al-Hidayah Medan dengan no NPSN 69886449 ingin konfirmasi, anak kita masih ada yang belum mengambil dana bantuan BSM tersebut dikarenakan orang tua dari anak tersebut berada di luar kota, terus kita sudah dapat surat edaran dari Kemendikbud untuk Bank BRI yang menyatakan bisa diambil oleh kepala sekolah hanya dengan membawa surat keterangan dari kepala sekolah, namun aplikasi di lapangan tidak sesuai dengan surat edaran, di Bank BRI cabang Thamrin Medan kita masih disuruh membuat berkas sesuai dengan pemberkasan sebelumnya, tidak bisa diambil oleh kepala sekolah kalau tidak ada surat kuasa dari wali dari anak tersebut
    terima kasih pak, mohon konfirmasinya

    • Azis Putra Wijaya

      Baik pak, kami sampaikan ke tim BRI Pusat agar ditindaklanjuti. Terima kasih

    • Azis Putra Wijaya

      Untuk kasus tsb. silakan siswa didampingi dengan perwakilan Guru saja pak. (solusi dari BRI Pusat)